Ganti Reflektor Lampu Thunder 125

Ganti Reflektor Lampu Thunder 125 Pakai Orisinal Scorpio, Cegah Lumer
___________________________________________________________
OTOMOTIF – Lampu motor kudu berfungsi normal, terutama malah hari. Tentu kalo gak mau mengundang petaka gara-gara pengendara lain tak bisa melihat sinyal dari Anda. Makanya, tak sedikit motormania yang mengganti lampunya lebih terang.

Seperti diakui Dedy Jatmiko, penunggang Suzuki Thunder pek-jigo (125) keluaran 2006, “Agar terlihat terang, gue ganti bohlam tipe halogen. Eh, reflektornya malah meleleh dan pandangan jadi redup. Untung, gak ditabrak kendaraan lain!”

Dari kejadian itu, warga Depok, Jabar ini pun langsung bertandang ke bengkel langganannya di Jl. Raya Lenteng Agung, Jaksel. “Kok, bisa meleleh ya?” tanyanya pada Shidik, mekanik Thunderist Piststop (TP).
“Bisa aja, karena salah pemakaian ukuran lampu yang lebih besar dari aslinya Thundie yang 25 watt dan itu bikin reflektor jadi lumer. Mau gak mau kudu diganti baru,” ulas montir cekatan itu.

Nah, kalo peranti aslinya agak susah didapat, Anda bisa cari substitusinya. “Salah satunya pake punya Yamaha Scorpio Z. Harga reflektor plus kaca sekitar Rp 85 ribu (asli), kalo satu set sekitar Rp 200 ribu. Sedang asli Thundie satu setnya mencapai Rp 300 ribuan,” ujar pria berlogat Sunda ini.

Apa, mau praktik pemasangan? Oke, yukkk.. sebelumnya siapin dulu; obeng kembang, obeng minus dan tang potong atau gunting (gbr.1). Terus, buka 2 baut di bawah batok lampu itu dengan obeng kembang (gbr.2). Setelah itu tarik keluar peranti tersebut. Eit, jangan lupa cabut soket-soketnya dan lepas peranti lainnya!

Buat mengganti reflektor baru, lepas kawat pengikat pantulan cahaya itu yang nempel dengan kaca atau mika lampu pakai obeng min. Setelah lepas, pasang part pengganti tadi berikut kaca dengan memasang pengikatnya satu per satu.

Oh ya karena fiting Scorpio berbeda dengan Thunder, maka soketnya mengambil dari Thunder dengan memotong pake tang (gbr.3). “Untuk penyambungan soket Thunder yang terdiri dari 3 warna kabel, warna kabel yang sama disambung (kuning-kuning, hitam putih-hitam putih), sedang kabel warna putih disambung ke kabel warna hijau (gbr.4),” jelasnya.

Sedangkan lampu kecil atau senja Thundie, ada dua kelir kabel cokelat dan hitam-putih. Untuk warna kabel hitam-putih dipotong dan dikoneksi ke kabel warna yang sama atau ke ground sedang yang cokelat disambung ke kabel biru.

“Kalau ogah motong, bisa pake fiting Suzuki Satria R, langsung pasang tanpa mengubah apapun dan harganya Rp 10 ribu (biasa),” sarannya.
Setelah tersambung semua, lindungi dengan isolasi hitam biar gak korslet. Apabila sudah selesai semua tinggal pemasangan kembali, caranya kebalikan sewaktu membuka. Monggo!

  1. ChaklyRF
    08/12/2016 at 12:40

    Gan Thunder ane beda nih… Kabel yg terhubung ke Mangkok Lamp b’beda. warnanya Putih Kuning dan Hitam, Apa ini bisa dikatakan benar?

    saya ragu mo pasang Bohlam juge…

  2. 23/09/2013 at 20:54

    Makasih Bro
    2 Jam Kutak Katik Sendiri kaga Ketemu
    akhirnya Kelar Setelah Baca Disini

  3. Imam
    04/08/2013 at 19:47

    Baca ajah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: